MATIUS 17:1-9 (YESUS DIMULIAKAN DI ATAS GUNUNG)

17:1 Enam hari kemudian Yesus membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes saudaranya, dan bersama-sama dengan mereka Ia naik ke sebuah gunung yang tinggi. Di situ mereka sendiri saja. 
17:2 Lalu Yesus berubah rupa di depan mata mereka; wajah-Nya bercahaya seperti matahari dan pakaian-Nya menjadi putih bersinar seperti terang. 
17:3 Maka nampak kepada mereka Musa dan Elia sedang berbicara dengan Dia. 
17:4 Kata Petrus kepada Yesus: "Tuhan, betapa bahagianya kami berada di tempat ini. Jika Engkau mau, biarlah kudirikan di sini tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia." 
17:5 Dan tiba-tiba sedang ia berkata-kata turunlah awan yang terang menaungi mereka dan dari dalam awan itu terdengar suara yang berkata: "Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia." 
17:6 Mendengar itu tersungkurlah murid-murid-Nya dan mereka sangat ketakutan. 
17:7 Lalu Yesus datang kepada mereka dan menyentuh mereka sambil berkata: "Berdirilah, jangan takut!" 
17:8 Dan ketika mereka mengangkat kepala, mereka tidak melihat seorangpun kecuali Yesus seorang diri. 
17:9 Pada waktu mereka turun dari gunung itu, Yesus berpesan kepada mereka: "Jangan kamu ceriterakan penglihatan itu kepada seorangpun sebelum Anak Manusia dibangkitkan dari antara orang mati."

Yesus Dimuliakan di atas gunung

Enam hari kemudian/ setelah pengakuan Petrus kepada Yesus sebagai Mesias, Anak Alllah, Yesus membawa the inner circle  yaitu Petrus, Yakobus,Yohanes ke sebuah puncak gunung yg tinggi.  Jama n dahulu orang sering mendirikan mezbah atau tempat penyembahan  di atas gunung, karena Allah yang Maha Tinggi patut disembah di atas gunung yang tinggi. Gunung yang tinggi juga letaknya lebih dekat ke langit.
Dimanakah Yesus dimuliakan? Ada penafsir yang mengatakan di atas gunung Hermon, karena Gunung Hermon lokasinya lebih dekat dengan Kaisarea Filipi, dan Gunung Hermon adalah gunung yang tertinggi di kawasan itu( 2814m). Namun ada juga yang mengatakan gunung Tabor, karena membutuhkan perjalanan sampai  berhari- hari.
Yesus dimuliakan  untuk:

1. Menyatakan kemuliaan Yesus sebagai Anak Allah Yang Hidup, Kemuliaan yang masih tersembunyi saat itu, namun akan dinyatakan secara sempurna waktu Dia datang kembali.
2. Konfirmasi pengajaran Yesus di Kaisarea Filipi (16:13-20)
3. Untuk menguatkan murid-muridNya setelah Ia memberitahukan mengenai penderitaanNya (16:21)

Bu Diana, kenapa hanya 3 murid yang diajak?

Ketiga murid Yesus mengalami pengalaman supranatural bukan karen mereka lebih baik dari yang lain, semata-mata karna ketiganya diperkenankan TUHAN YESUS menyaksikan kemuliaan-Nya. SEMUA adalah anugerah yang diberikan kepada ke 3 Murid Yesus Petrus , Yakobus, Yohanes. Dan ketiga murid inilah yang diperkenankan Tuhan Yesus untuk melihat wajah kemuliaanNya.

Yesus menerapkan metode pemuridan, ke 3 murid itu akan mengajarkan kepada 9 murid yang lain. Petrus akan menjadi pemimpin gereja mula-mula, Yakobus yang pertama mati syahid, Yohanes yang terakhir dipanggil Tuhan. Amin,Hanya karena anugrah saja mereka dipilih masuk dalam the inner circle. Yang banyak diberi juga banyak dituntut.

Disusun oleh : Pdt. Diana Tjie Setiawan, MCE
0 Komentar untuk "MATIUS 17:1-9 (YESUS DIMULIAKAN DI ATAS GUNUNG)"

Back To Top