MATIUS Pasal 2

BAGAIMANA TANGGAPAN ORANG ATAS KELAHIRAN YESUS.

1.HERODES
Herodes memerintah ,37-4 BC. Rasa tidak amannya besar sekali. Orang yang dia curigai  berpotensi merebut tahtanya, pasti dia bunuh. Termasuk isterinya, 3 anak kandungnya, mertua, ipar, paman bahkan dia tega membunuh bayi dan kanak-kanak di Betlehem.
Dia mencari dukungan rakyat dengan membangun banyak  fasilitas umum seperti theater, monument-monument, kuil-kuil penyembahan, benteng, dan yang termegah adalah Bait Allah di Yerusalem.

2.ORANG MAJUS
Orang Majus pastinya tidak hanya datang bertiga, karena perjalanan yang sangat jauh, tentu sangat berbahaya kalau hanya bertiga.Mereka adalah para penasihat raja, ahli ilmu perbintangan dan obat-obatan.
- Timur = Persia letaknya sebelah Timur Palestina. Merek sangat antusias datang dari jarak 1120 km untuk membawa persembahan kepada Raja orang Yahudi. Orang biasa menempuh perjalanan  dengan unta 35 km/hari.
- Mas adalah persembahan untuk Raja, Kemenyan untuk Imam dan mur yang pahit itu untuk seorang nabi. Yesus adalah Raja, Imam dan Nabi. Raja memimpin rakyat, Imam mewakili umat berdoa kpd Tuhan, Nabi adalah juru bicara Allah.
- Kitab apa yang dibaca orang Majus itu? Pada saat bangsa Israel ditawan ke Babel, mereka membawa serta 5 kitab Taurat. Kitab-Kitab itu ada yang ditaruh di perpustakaan istana. lihat Bil.24:17

3.PARA IMAM DAN AHLI TAURAT

Para imam bertugas memimpin upacara korban di Bait Allah, dan para ahli Taurat bertugas menyalin Firman Tuhan dan mengajar umat. Jarak Yerusalem - Betlehem hanyalah 6 mil/ 9,6 km. Tapi hati mereka sudah menjadi dingin. Merek dapat memberi informasi yang tepat tapi merespons dengan tepat. Apa gunanya memahami nubuat,mengajarkan Firman, tetapi hidup merek tidak diubahkan ?
 - Betlehem. Tempat kelahiran Yesus sudah dinubuatkan oleh Nabi Mikha yang melayani 750-710 BC. Mikha melayani sejaman dengan Yesaya.
- Pembunuhan bayi dan kanak-kanak di Betlehem tidak diketahui berapa jumlahnya, namun tidak sampai ratusan, karena Betlehem hanyalah sebuah kota kecil ketika itu.
- Arkelaus, anak Herodes menjadi raja setelah Herodes mati. (4BC-6 AD). Dia juga raja yg kejam,sehingga dipecat oleh kaisar Roma.

Biasanya gambar orang Majus hanya terlihat 3 orang yang menaiki untanya. Sebenarnya orang Majus itu datang dalam rombongan besar. Menempuh perjalanan sejauh 1120 km dari Persia ke Yerusalem, harus membawa perbekalan yang cukup. Jumlah orang-orang yang mengawal juga harus cukup, untuk antisipasi bahaya perampokan di tengah jalan.
Satu hari biasanya orang menempuh perjalanan sejauh 35 km.Saat panas terik, mereka harus mencari oase untuk beristirahat.

Orang Majus

Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu( bukan kandang), dan melihat Anak itu ( bukan bayi lagi) bersama Maria, ibu-Nya( mungkin Yusuf sedang pergi), lalu sujud menyembah Dia. Mereka pun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur". Himbauan untuk guru sekolah Minggu, agar mencari gambar yang benar, yang sesuai dengan yang tertulis dalam Alkitab.

Orang Majus, ABELA

Karena rasa kurang amannya sangat besar dan belum siap posisinya digantikan, Herodes tega membunuh anak-anak laki di bawah usia 2 tahun. Ada penafsir Alkitab yang memperkirakan ada 20 anak laki-laki di Betlehem saat itu.

Abela (Ayo Belajar Alkitab), Matius, Alkitab

Inilah pohon keluarga Herodes, Arkelaus adalah anaknya dari istrinya yang bernama Malthace.Dia hanya memerintah sejak  tahun 4 BC ( tahun matinya Herodes) sampai 6 AD. Dia sama kejamnya dengan ayahnya.
Karena tidak dapat memenuhi setoran pajak sesuai target, maka posisinya sebagai raja Yudea digantikan oleh gubernur yang dipilih oleh kaisar sendiri.

Silsilah keluarga Herodes, ABELA




Herodes




Disusun Oleh : Pdt. Diana Tjie Setiawan, MCE
  
0 Komentar untuk "MATIUS Pasal 2"

Back To Top