MATIUS 12:9-15a (YESUS MENYEMBUHKAN ORANG PADA HARI SABAT)

12:9 Setelah pergi dari sana, Yesus masuk ke rumah ibadat mereka.

12:10 Di situ ada seorang yang mati sebelah tangannya. Mereka bertanya kepada-Nya: "Bolehkah menyembuhkan orang pada hari Sabat?" Maksud mereka ialah supaya dapat mempersal
ahkan Dia.


12:11 Tetapi Yesus berkata kepada mereka: "Jika seorang dari antara kamu mempunyai seekor domba dan domba itu terjatuh ke dalam lobang pada hari Sabat, tidakkah ia akan menangkapnya dan mengeluarkannya?

12:12 Bukankah manusia jauh lebih berharga dari pada domba? Karena itu boleh berbuat baik pada hari Sabat."

12:13 Lalu kata Yesus kepada orang itu: "Ulurkanlah tanganmu!" Dan ia mengulurkannya, maka pulihlah tangannya itu, dan menjadi sehat seperti tangannya yang lain.

12:14 Lalu keluarlah orang-orang Farisi itu dan bersekongkol untuk membunuh Dia.

12:15 Tetapi Yesus mengetahui maksud mereka lalu menyingkir dari sana. 

 
Image from http://www.ocbf.ca/2012/sites/default/files/img/devotion/0123a.jpg
Yesus menyembuhkan orang pada hari sabat


Orang yang mati sebelah tangannya tangannya(tangan kanan dalam injil Lukas), tetap datang ke rumah Tuhan. Alangkah menderitanya terkena penyakit Athropy, tangan yang biasa dipakai bekerja sekarang menjadi tidak berdaya lagi. Tidak pernah dia sangka bahwa hari itu akan menjadi hari Sabat special baginya. Hari di mana dia dipulihkan.Masa depan yang suram sekarang menjadi cerah karena dia sudah bisa bekerja lagi.
Orang-orang Farisi fokus mau menjebak Yesus dan lupa akan tugas mereka yang penting yakni menjadi guru dan gembala bagi umat Tuhan. Mereka tidak menunjukkan kasih kepada orang yang cacat. Mereka bertanya kepada Yesus "Bolehkah menyembuhkan orang pada hari Sabat?". Mereka membuat peraturan sendiri, bahwa jika sakitnya kronis, maka tidak boleh disembuhkan pada hari Sabat. Barulah jika mengalami kecelakaan, misalnya terjatuh orang itu boleh ditolong.
Mereka menanti-nantikan Yesus menarik-narik tangan orang yang lemah itu, yang mana merupakan pelanggaran terhadap peraturan yang mereka buat. Tapi Yesus hanya berkata "Ulurkanlah tanganmu!".
Orang-orang Farisi geregetan usaha mereka gagal terus, mereka merasa malu di muka umum dan akhirnya bersekongkol dengan kaum Herodian/mata-mata Herodes untuk membunuh Yesus.

Disusun oleh : Pdt. Diana Tjie Setiawan, MCE
0 Komentar untuk "MATIUS 12:9-15a (YESUS MENYEMBUHKAN ORANG PADA HARI SABAT)"

Back To Top