MATIUS 8:28-34 ORANG YANG KERASUKAN ROH JAHAT DI GADARA DISEMBUHKAN

8:28 Setibanya di seberang, yaitu di daerah orang Gadara, datanglah dari pekuburan dua orang yang kerasukan setan menemui Yesus. Mereka sangat berbahaya, sehingga tidak seorangpun yang berani melalui jalan itu.

8:29 Dan mereka itupun berteriak, katanya: "Apa urusan-Mu dengan kami, hai Anak Allah? Adakah Engkau ke mari untuk menyiksa kami sebelum waktunya?"

8:30 Tidak jauh dari mereka itu sejumlah besar babi sedang mencari makan.

8:31 Maka setan-setan itu meminta kepada-Nya, katanya: "Jika Engkau mengusir kami, suruhlah kami pindah ke dalam kawanan babi itu."

8:32 Yesus berkata kepada mereka: "Pergilah!" Lalu keluarlah mereka dan masuk ke dalam babi-babi itu. Maka terjunlah seluruh kawanan babi itu dari tepi jurang ke dalam danau dan mati di dalam air.
8:33 Maka larilah penjaga-penjaga babi itu dan setibanya di kota, diceriterakannyalah segala sesuatu, juga tentang orang-orang yang kerasukan setan itu.
8:34 Maka keluarlah seluruh kota mendapatkan Yesus dan setelah mereka berjumpa dengan Dia, merekapun mendesak, supaya Ia meninggalkan daerah mereka.


Dua orang yang kerasukan disembuhkan
Mengapa dalam kitab Markus dan Lukas tertulis Gerasa bukan Gadara? Gerasa adalah ibukota daerah Gadara. Jadi ada orang yang terbiasa  menyebutkan nama ibukotanya daripada propinsinya/kabupatennya.
Kota Gerasa termasuk decapolis (10 kota mandiri yang langsung di bawah kontrol Romawi, dan budaya Hellenistik/Yunaninya sangat kuat).Ada kuil penyembahan dewa Zeus dan dewi Artemis di Gerasa. Mereka menyebut diri mereka orang-orang yang religius, tetapi hati mereka begitu dingin. Ada dua orang yang kerasukan roh jahat dan berkeliaran di pekuburan namun tidak orang yang peduli untuk menolong mereka atau mereka merasa sudah tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Hal ini juga mnunjukkan bahwa dewa Zeus dan dewi Artemis yang mereka sembah tidak bisa menolong. Penduduk Gedara bukannya mengundang Yesus untuk mengajar mereka dan menolong mereka mengenal Allah yang benar, tapi mereka malah mendesak Yesus untuk meninggalkan daerah mereka. Mereka lebih sayang babi-babi mereka daripada nyawa dua orang yang Kerasukan itu, yang begitu menderita hidupnya. Babi termasuk binatang yang najis dan orang Yahudi tidak memelihara babi. Hubungan kita Tuhan akan menentukan bagaimana kita memandang sesama kita.

Disusun oleh: Pdt. Diana Tjie Setiawan, MCE
0 Komentar untuk "MATIUS 8:28-34 ORANG YANG KERASUKAN ROH JAHAT DI GADARA DISEMBUHKAN"

Back To Top