Mahkota Duri Yesus



Disusun oleh: Pdt. Roby Setiawan

Sebelum Yesus disalibkan, para prajurit Roma mengayam mahkota duri untuk dikenakan di kepala Yesus. Kemudian, mereka memberiNya sebatang tongkat di tangan kananNya, lalu sujud & dan mengolok-olok Dia, kata mereka: "Salam, hai raja orang Yahudi!“(Mat. 27:29).
Selain mengakibatkan rasa sakit yg luar biasa, pengenaan mahkota duri bermaksud untuk mengolok-olok Yesus. Inilah ‘raja org Yahudi’ yg dipukul, diludahi, dihina oleh prajurit-2 Romawi level rendah. Mahkota adalah simbol dari kerajaan & keagungan. Namun mahkota itu terbuat dari duri yg menyakitkan dan bersifat merendahkan.
Mahkota duri yg dipakaikan di kepala Yesus itu berasal dari pohon Euphorbia Milii.Pohon ini berasal dari daerah Madagascar yg dibawa ke Timur Tengah sebelum Yesus lahir ke dunia.Tinggi pohon ini bisa mencapai 1,8 meter, dgn panjang duri sekitar 30 mm & sangat tajam.Batangnya lembut, shg bisa dijalin dan dibentuk menjadi lingkaran.
Bagi umatNya, mahkota duri menyatakan 2 hal:
1.         Yesus sbg Hamba Tuhan yg menderita. Ini adalah penggenapan nubuat di dlm Yes. 53.  Dia rela disakiti, dicerca & dipermalukan.
2.         Yesus sbg Raja segala raja.  Suatu saat kelak, seluruh manusia akan menyembahNya sbg Raja segala raja & Tuhan dari segala tuan (Why 19:16).

Makna simbolis dari mahkota duri adalah sbg tanda kutukan.  Setelah Adam & Hawa berdosa, maka Tuhan menghukum mereka, “maka terkutuklah tanah karena engkau; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu, semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuh-tumbuhan di padang akan menjadi makananmu” (Kej. 3:17b-18)
Para prajurit Romawi telah mengambil duri, yg adalah obyek kutukan, dan menganyamnya menjadi suatu mahkota untuk dikenakan kpd Diri Yesus yg akan membebaskan manusia dari kutukan. Galatia 3:13 dituliskan, “Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!"

0 Komentar untuk "Mahkota Duri Yesus"

Back To Top