MATIUS 17:24-27 (YESUS MEMBAYAR BEA UNTUK BAIT ALLAH)

17:24 Ketika Yesus dan murid-murid-Nya tiba di Kapernaum datanglah pemungut bea Bait Allah kepada Petrus dan berkata: "Apakah gurumu tidak membayar bea dua dirham itu?"  
17:25 Jawabnya: "Memang membayar." Dan ketika Petrus masuk rumah, Yesus mendahuluinya dengan pertanyaan: "Apakah pendapatmu, Simon? Dari siapakah raja-raja dunia ini memungut bea dan pajak? Dari rakyatnya atau dari orang asing?"  
17:26 Jawab Petrus: "Dari orang asing!" Maka kata Yesus kepadanya: "Jadi bebaslah rakyatnya.  
17:27 Tetapi supaya jangan kita menjadi batu sandungan bagi mereka, pergilah memancing ke danau. Dan ikan pertama yang kaupancing, tangkaplah dan bukalah mulutnya, maka engkau akan menemukan mata uang empat dirham di dalamnya. Ambillah itu dan bayarkanlah kepada mereka, bagi-Ku dan bagimu juga."

Ikan Tilapia menyimpan telur di dalam mulutnya


Ikan Tilapia biasanya menyimpan telur di dalam mulutnya, sampai menetas jadi ikan-ikan kecil. Panjangnya bisa kira-kira 50 cm. Ada satu koin yang bernilai 4 dirham yang didapat Petrus. Sekali lagi Petrus melihat Yesus sebagai penguasa alam. "Ikan pertama yang kau pancing, tangkaplah dan bukalah mulutnya.....".
Bea 2 dirham per orang itu adalah iuran laki-laki dewasa yang berusia 20 tahun ke atas untuk pemeliharaan  Bait Allah.
Yesus dan murid-muridNya termasuk anak Sang Raja dan sebenarnya tidak perlu membayar pajak. Tetapi dia meneguhkan ke-Hamba-anNya dengan menundukkan diri pada tuntutan mereka.," Supaya jangan kita menjadi batu sandungan bagi mereka" (27), merupakan prinsip yang baik saat Anda perlu mengesampingkan hak-hak Anda, tetapi berhati- hati agar tidak mengesampingkan kebenaran Tuhan (15:12-14). demikianlah kata WWW.
Gunung Hermon yang bersalju dari kejauhan.



Ini yang disebut a four-drahma coin, yang nantinya di Bait Allah akan ditukarkan dengan uang khusus Bait Allah. Uang bergambar kaisar dianggap tidak halal kalau di persembahkan di Bait Allah.Itulah sebabnya di halaman Bait Allah ada meja penukaran koin.

Ikan Tilapia
Yang ini ikan tilapia, kalau di sini namanya ikan apa ya?

Disusun oleh: Pdt. Diana Tjie Setiawan, MCE
0 Komentar untuk "MATIUS 17:24-27 (YESUS MEMBAYAR BEA UNTUK BAIT ALLAH)"

Back To Top