Menjadi Bijak & Produktif



       Jika manusia mau membangun rumah, harus merencanakan dahulu; designnya, materialnya, budgetnya.
1.    Perencanaan dlm Alkitab:
Semut, Amsal. 6:6-7 mempersiapkan makanan untuk musim dingin. Apa yang kita miliki sekarang ini adalah tidak untuk dihabiskan, tetapi untuk merencanakan masa depan yang bertanggung jawab. Menyerahkan segala rencana kepada Tuhan (Amsal 16:3,9). Berencanalah sesuai kehendak Tuhan yang bernilai kekal dan menjadi berkat bagi banyak orang.
Mandiri secara ekonomi (Ams. 24:27) nasehat untuk anak muda “cari pekerjaan sebelum Anda menikah.
2.    Rasul Paulus yg berencana untuk pelayanannya.
Prinsip dasar; tidak pergi ke tempat dimana Kristus telah dikenal oleh orang banyak, tidak mau membangun di atas dasar yang  telah dilakukan orang lain (Roma 15: 20-28). Rencana detail, akan membawa persembahan ke Yerusalem, lalu akan berangkat ke Roma untuk mendirikan pusat pemberitaan Injil untuk negara-negara di Barat dan dari sana ia akan ke Spanyol.
Namun, kenyataan tidak terjadi sesuai dengan rencananya. Tuhan punya rencana lain. Setiba di Yerusalem Paulus ditangkap, Paulus kemungkinan besar tidak pernah sampai ke Spanyol. Dari penjara Roma, Paulus menulis beberapa surat Filipi, Kolose, Efesus, dan Filemon. (Kis. 28:20-31).
3.     Allah yang berencana.
Karena kita diciptakan menurut gambar dan rupa Allah, maka kita juga harus berencana dalam hidup kita, sebagaimana Allah juga berencana. Rencana Allah adalah kekal.(Yes. 46:9-10).
4.    Tuhan Yesus yang berencana.
Ia tahu kapan waktunya untuk ke Yerusalem dan menyerahkan DiriNya (Luk. 9:51). Rencana Bapa adalah rencana Yesus (Yoh. 10:18).

Mari berencana sesuai dengan tujuan spesifik untuk tahun ini.
a.    Bagaimana saya dapat memiliki hubungan pribadi yang karib dengan Tuhan?
b.    Bagaimana saya dapat memikul hubungan yang lebih dekat istri atau suami dan anak anak saya?
c.    Bagaimana saya dapat memiliki tubuh yang lebih Fit?
d.    Buku-buku apa saja yang perlu saya baca?
e.    Bagaimana saya dapat menjadi berkat bagi lingkungan saya?
f.     Bagaimana saya menjadi lebih optimal dalam pelayanan saya?




 Oleh: Pdt. Diana Tjie Setiawan
0 Komentar untuk "Menjadi Bijak & Produktif"

Back To Top