MATIUS Pasal 4

1. Setelah dibaptis,Yesus dibawa oleh Roh Kudus untuk dicobai oleh Iblis.Yesus dicobai bukan supaya Allah Bapa dapat menguji Dia, karena Allah Bapa sudah memberi pernyataan tentang Yesus. "Inilah AnakKu yang Kukasihi, kepadaNyalah Aku berkenan.".
Yesus dicobai untuk kepentingan kita; bahwa Dia sendiri pernah mengalami dicobai dan dapat menolong kita , ketika kita dicobai. (Ibr.2:17-18,4:15). Dia mengalahkan Iblis dengan senjata yang juga kita miliki saat ini yaitu Firman Tuhan dan kuasa Roh Kudus. Lihat Ul.8:3;6:16;dan Ul 6:13.
2.Tuhan Yesus tidak memakai kuasa supranaturalNya sebagai Allah untuk memenuhi kebutuhan jasmaniNya, (batu jadi roti), atau mengumpulkan banyak pengikut dengan cara menjatuhkan Diri-Nya dari Bubungan Bait Allah (tingginya 137 m dari lembah Kidron), atau berkompromi dengan Iblis untuk alasan apapun.
3.Yohanes Pembaptis ditangkap, lihat penyebabnya di Mat.14:3-4.
4.Yesus dan keluarga-Nya pindah dari Nazaret ke Kapernaum. Yesus akan banyak meninggalkan keluarga-Nya,sehingga lebih aman bagi mereka untuk tinggal di Kapernaum, dimana adik Maria, ibu dari Yakobus dan Yohanes tinggal.
5.Mat.4:12-17.Yesus menggenapi nubuat Yesaya di ps.8:23-9:1.Sebagian besar pelayanan Yesus ada di daerah Zebulon dan Naftali (sebelah Utara dan Barat Danau Galilea).
YESUS memulai pelayanan-Nya dengan berita yang sama yang diberitakan Yohanes Pembaptis, yakni orang-orang harus segera bertobat dan berbalik dari jalannya yang sesat, karena pemerintahan Allah sudah dekat dalam Pribadi dan pelayanan Yesus Kristus.
6.Pemanggilan 4 murid yang pertama. Mereka dipanggil saat sedang sibuk bekerja, bukan saat sedang menganggur. Orang-orang yang sibuk biasanya adalah orang yang berkualitas.
7.Orang-oran yang datang kepada Yesus berasal dari tempat yang jauh-jauh. Dari Siria, Dekapolis (10 kota mandiri yang sangat dipengaruhi kebudayaan Yunani), dari Yerusalem, dari Yudea dan sebelah Timur Sungai Yordan. Coba lihat peta Alkitab.
8.John Wycliffe  "Janganlah ada orang yang merasa dirinya kudus karena Ia tidak dicobai, sebab orang paling kudus dan paling salehpun mengalami banyak pencobaan dalam hidup ini. Makin tinggi sebuah  bukit makin besar angin yang menerpanya;jadi makin saleh suatu kehidupan, makin gencar pula pencobaan musuh.
9.Pelayanan utama Yesus adalah mengajar dan berkhotbah, tetapi belas kasihan telah menggerakkan-Nya untuk melayani kebutuhan fisik banyak orang. Sayangnya, banyak orang saat itu dan juga saat ini hanya menghapkan pelayanan-Nya, dan bukan keselamatan-Nya, berharap pemberian-Nya dan  bukan Pemberi-Nya.

Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis.
Allah menghendaki hidup kita untuk diuji. Bukan hidup yang santai tanpa tantangan.

Yesus  Berpuasa
 

"Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti !."
Apakah berhala itu ? Berhala ialah sesuatu atau.seseorang  yang ada antara kita dengan Allah.
Apakah prioritas kita ? Siapa yang paling kita kasihi ?

Iblis Mencobai Yesus

Disusun Oleh : Pdt. Diana Tjie Setiawan, MCE
0 Komentar untuk "MATIUS Pasal 4"

Back To Top